Menteri Senior Singapura Apresiasi Penanganan Covid-19 di Indonesia

Wapres K.H. Ma'ruf Amin hari ini menerima kunjungan kehormatan Menteri Senior sekaligus Menteri Koordinator Bidang Keamanan Nasional Republik Singapura Teo Chee Hean, ist

SULSELINFO.COM –  Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin hari ini menerima kunjungan kehormatan Menteri Senior sekaligus Menteri Koordinator Bidang Keamanan Nasional Republik Singapura Teo Chee Hean di Istana Wapres, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 6, Jakarta Pusat, Rabu (01/12/2021).

Pada kesempatan ini Menteri Senior Teo Chee Hean pun menyampaikan apresiasinya terhadap Indonesia yang sangat baik dalam menangani pandemi Covid-19.

“Indonesia memiliki banyak kemajuan yang sangat baik dalam pengendalian pandemi Covid-19 dan juga dalam program vaksinasi,” tuturnya.

Sebelumnya, Wapres memaparkan perkembangan penanganan pandemi Covid-19 yang mulai membaik di Indonesia.

“Kita pahami bersama, saat ini pandemi Covid-19 masih menjadi tantangan besar dunia termasuk di kawasan kita. Penanggulangan Covid-19 adalah salah satu pertimbangan utama dalam kebijakan Pemerintah Indonesia,” tuturnya.

Baca Juga:   Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Tekankan Pentingnya Penguatan Kapasitas Aparatur Desa

Selanjutnya, Wapres menceritakan bahwa dalam beberapa bulan terakhir tingkat penularan Covid-19 di Indonesia cukup rendah.

“Angka penularan harian di bawah 1% dari total jumlah tes (dan) kasus baru per 27 November 2021 sebanyak 404 kasus,” urainya.
Lebih jauh, Wapres menyebutkan bahwa pemerintah saat ini terus mempercepat program vaksinasi di seluruh wilayah tanah air.

“Per 27 November 2021, vaksinasi ke-1 telah diberikan pada lebih dari 138 juta orang, vaksinasi ke-2 lebih dari 93 juta orang, bahkan vaksinasi ketiga/booster telah dilakukan untuk lebih dari 1,2 juta orang,” paparnya.

Namun, kata Wapres, belakangan dunia hadapkan kembali dengan melonjaknya kasus di berbagai negara, termasuk munculnya varian Covid-19 baru yaitu Omicron.

Baca Juga:   Dukung Kelancaran PON XX, Garuda Tambah Frekuensi Layanan Penerbangan

“Dan perubahan situasi ini juga mewajibkan kita untuk meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya.

Untuk itu, sambung Wapres, Indonesia saat ini mengambil keputusan melakukan pengetatan yaitu membatasi masuknya pelaku perjalanan dari beberapa negara dan menambah masa karantina bagi pelaku perjalanan dari luar negeri.

“Hal ini penting untuk mencegah kemungkinan gelombang ketiga, khususnya pada masa liburan akhir tahun,” pungkasnya.

Selain memberikan apresiasi, Menteri Teo mengungkapkan bahwa Indonesia dan Singapura terus membangun kerjasama dalam penanganan Covid-19 terutama di dua tahun terakhir.

“Dalam penanganan Covid-19 kita juga terus membangun kerjasama di dua tahun belakangan ini,” ujarnya.

Terakhir, pada kesempatan ini Menteri Teo mengundang Wapres untuk berkunjung ke Singapura apabila situasi pandemi telah membaik.

Baca Juga:   MPR RI Gelar Rapat Pimpinan Evaluasi 2021 dan Perencanaan 2022

“Dan jika situasinya sudah memungkinkan saya ingin mengundang Bapak Wapres untuk bisa datang ke Singapura mengunjungi kami semua,” harapnya.

Turut mendampingi Menteri Teo pada pertemuan ini Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar, Second Permanent Secretary Stanley Loh, Special Assistant to the Senior Minister Ang Wee Keo, dan Second Secretary of Singapore Embassy in Jakarta Felise Leow.

Sementara, Wapres didampingi oleh Plt. Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Asisten Deputi Hubungan Luar Negeri Lukman Hakim Siregar, Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Mirza Nurhidayat, serta Penerjemah Bramantya Dwiputra Widodo. (A2M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.