Bupati Soppeng Jadi Narasumber di Acara Lokakarya AHL-Germas di Semarang

Bupati Soppeng H.Andi Kaswadi Razak, SE Jadi Narasumber di Acara Lokakarya AHL-Germas di Semarang.

SEMARANG — Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak menjadi salah satu marasumber di acara Lokakarya Advokasi Horizontal Learning (AHL), Pembelajaran Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Daerah yang dilaksanakan di Tentrem Hotel, Jl. Gajahmada Kembangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin, 29 November 2021.

Bersama dengan sejumlah kepala daerah lainnya, seperti Walikota Semarang, Bupati Boyolali, Bupati Pringsewu, Bupati Gianyar dan Bupati Sleman, Andi Kaswadi mendapatkan kesempatan tampil di sesi Talkshow dan Sharing Session

Bacaan Lainnya
Baca Juga:   Pemkab Soppeng Melalui BKPSDM Gelar SKB CPNS Tahun 2021

Dalam materinya, Andi Kaswadi Razak menyampaikan materi tentang bagaimana penerapan Germas di Kabupaten Soppeng diantaranya membiasakan aktivitas fisik, konsumsi pangan sehat, deteksi dini faktor risiko penyakit, menhaga kebersihan lingkungan serta melakukan edukasi perilaku sehat.

Tak hanya itu, Bupati Soppeng juga menjelaskan mekanisme monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah kab. soppeng, dimana Monitoring dilakukan secara terintegrasi melalui gerakan “Mappadeceng” yang melibatkan semua SKPD dan semua pihak.

Adapun Rapat Kerja dan Koordinasi dalam rangka monitoring dan evaluasi juga dilakukan secara terintegrasi pada rapat pokja AMPL dan Forum Kabupaten/Kota Sehat, serta hasil monev kemudian dikumpulkan di Bappelitbangda sebagai Koordinator Germas Kab. Soppeng.

Baca Juga:   Bupati Soppeng Hadiri Pesta Adat Mappadendang Warga Desa Watu Toa

Untuk Inovasi yang dilakukan terkait Germas di Kab. Soppeng yaitu melakukan gerakan Sobat (Soppeng bebas ancaman tinja), Desa Stop BABS, PEDAL (Peduli Pilar) STBM, Inovasi Ganra Bersepeda (Gerakan Aksi Pemberdayaan Sekolah Peduli Demam Berdarah).

Sedangkan dalam mendukung dan menindaklanjuti program GERMAS, pemerintah Kabupaten Soppeng sejak tahun 2017 telah meluncurkan program mappadeceng yang pada dasarnya merupakan gerakan masyarakat di desa dan kelurahan yang didampingi oleh masing-masing SKPD untuk melakukan pembaharuan dan merubah prilaku masyarakat agar tercipta lingkungan hidup sehat, dimana sekarang ini hasilnya sudah mulai kelihatan dengan beberapa penghargaan yang telah diraih seperti kab. sehat, sanitasi award, inovasi sobat, terang Bupati Soppeng.

Baca Juga:   Grand final lomba Nyanyi Antar Desa Pemuda Pancasila Soppeng Diikuti 12 finalis

Acara dilanjutkan dengan pemberian apresiasi oleh Direktur Promosi
Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI kepada para narasumber yang telah memberikan inisiatif pembelajaran penerapan kebijakan Germas pada acara tersebut.

Kegiatan ini mengundang 180 Bupati/Walikota lokus GERMAS 2021, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kesehatan dan OPD terkait. Selain itu diundang pula Kabupaten/Kota anggota AKKOPSI,
serta beberapa mitra pembangunan dan para pemangku kepentingan terkait GERMAS di pusat dan daerah.(A2M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.