banner 970x250 banner 728x90

Resmi! Jaksa Pinangki Diberhentikan Secara Tidak Terhormat

Terdakwa kasus dugaan suap dan gratifikasi pengurusan fatwa Mahkamah Agung Dr. Pinangki Sirna Malasari, SH, MH menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Istimewa

Jakarta – Kejaksaan Agung resmi memberhentikan secara tidak hormat Dr. Pinangki Sirna Malasari, SH, MH dari jabatannya sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Pinangki diberhentikan melalui Keputusan Jaksa Agung RI Nomor 185 Tahun 2021 tentang Pemberhentian Karena Melakukan Tindak Pidana Kejahatan Jabatan.

Dengan dikeluarkan putusan ini, maka Pinangki resmi diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PNS, kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak pada keterangan resmi, Jumat (6/8/2021).

Jaksa Agung memutuskan pemberhentian Pinangki karena terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi, yang merupakan tindak pidana kejahatan jabatan atau tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan.

Baca Juga:   Kejagung Bekuk Buronan Tindak Pidana Kehutanan

Pegawai negeri sipil diberhentikan tidak dengan hormat apabila dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan jabatan atau tidak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan, pungkas Leonard.

Diketahui, Pinangki merupakan terpidana kasus suap terkait pengurusan fatwa bebas untuk Djoko Tjandra. Ia terbukti menerima suap, melakukan tindak pidana pencucian uang, dan melakukan pemufakatan jahat dalam perkara pengurusan fatwa bebas itu.

“Keputusan Jaksa Agung tersebut dengan mempertimbangkan Putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Nomor : 10 / PID.SUS-TPK / 2021 / PT.DKI tanggal 14 Juni 2021, yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap atas nama Terpidana Pinangki Sirna Malasari”.

Baca Juga:   14 Tahun Buron, Terpidana Korupsi 120M Dibekuk Tim Tabur Kejagung

Editor: A2M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *