Sulselinfo.com, Soppeng — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng menerima penghargaan Anubhawa Sasana Desa dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Kegiatan yang dibarengi peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Selatan dilaksanakan di Claro Hotel Makassar, Jumat (14/6/24).

Dalam kegiatan penghargaan Anubhawa Sasana Desa dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI ini, kabupaten Soppeng tercatat sebagai Kabupaten terbanyak yang meloloskan desa sadar hukum, yakni 5 desa.

Panitia pelaksana kegiatan yakni Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Selatan, Drs.Liberty Sitinjak, MM., M.Si dalam laporannya menyampaikan acara Penyerahan penghargaan Anubhawa Sasana Desa Kelurahan ini telah dinantikan oleh masyarakat Sulawesi Selatan.

Lanjutnya, dengan bertambahnya jumlah desa kelurahan yang sadar hukum, dari 48, tahun ini bertambah 33 menjadi 81 desa/ kelurahan sadar hukum tentunya menjadi kebanggaan Sulawesi Selatan.

Ini mencerminkan masyarakat yang tertib dan berbudaya. Keberadaannya merupakan peran bersama antar provinsi kabupaten dengan seluruh masyakarat, jelas Liberty Sitinjak

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Prof. Yassona H.Laoly, SH.,M.Sc.,Ph.D yang hadir langsung dalam acara ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Makassar atas pelaksanaan kegiatan penghargaan Anubhawa Sasana Desa/ Kelurahan Provinsi Sulawesi Selatan.

Saya berharap kepada desa/ kelurahan yang telah menerima penghargaan dapat mempertahankan masyarakatnya sebagai desa sadar hukum dan bersikap yang sadar hukum dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa/ kelurahan lain dalam mewujudkan kesadaran hukum masyarakatnya, kata Menkumham

Dan bagi desa/ kelurahan yang belum menerima penghargaan agar terus memperbanyak kelompok sadar hukum diwilayahnya. Sehingga memenuhi kriteria untuk menerima penghargaan Anubhawa Sasana dimasa yang akan datang.

Tingkat kesadaran hukum masyarakat sangat berkaitan erat dengan kemajuan suatu bangsa, Semakin tinggi kesadaran hukum masyarakat semakin tinggi pula kemajuan masyarakatnya, tukas Yassona H.Laoly

Adapun Wakil Bupati Soppeng, Ir.H.Lutfi Halide, MP, yang mewakili Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak, SE menyampaikan rasa syukur atas Penganugerahan Penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Sadar Hukum oleh Menteri Hukum dan HAM RI.

Menurut Lutfi Halide hal tersebut sebagai bentuk apresiasi atas kinerja dan pemenuhan standar bagi Desa Sadar hukum. Pada Penilaian tahun ini, Kabupaten Soppeng sebagai Kabupaten terbanyak meloloskan desa sadar hukum yakni 5 desa.

Wabup Soppeng Lutfi Halide berharap capain ini agar dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang sehingga menjadi harapan Pemerintah Daerah bahwa 70 Desa/Kelurahan di Kabupaten Soppeng dapat meraih penghargaan tersebut, tandasnya.

Untuk diketahui dalam Acara ini Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, memberikan penghargaan kepada Gubernur, Bupati, Camat, Desa/ kelurahan sadar hukum yang telah memenuhi kriteria dan telah menjadi teladan dari desa kelurahan lainnya. Dan tercatat Ada 8 Kabupaten yang menerima penghargaan tahun ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag Hukum, Camat Lilirilau , Camat Donri-Donri, Camat Lalabata, Camat Ganra, Camat Liliriaja, lurah dan kepala desa penerima penghargaan, diantaranya, desa Belo, desa Kebo, Desa Leworeng, desa Timusu, desa Mattabulu. (***)