Sulselinfo.com, SOPPENG — Pemerintah Kab.Soppeng menggelar acara Peringatan Hari Jadi Soppeng ke 763 dengan tema “Penguatan Ekonomi Rakyat Menuju Soppeng Lebih Sejahtera”, bertempat di Stadion H. A. Wana Laburawung, Selasa 23 April 2024.

Pembacaan sejarah singkat Soppeng oleh Ketua DPRD Soppeng H.Syahruddin M Adam, S.Sos,MM dan dilanjutkan pemutaran video capaian tahun 2023.

Bupati Soppeng, H. Andi Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya Peringatan Hari Jadi Soppeng sebenarnya dilaksanakan tanggal 23 Maret, tapi bertepatan dengan bulan suci Ramadhan sehingga ditunda sehingga hari ini baru kita laksanakan. Ini merupakan pertanda bahwa kami masyarakat Soppeng sangat menghargai jasa sejarah para pendahulu kita semua. Apalagi hari ini kami merasakan hal yang luar biasa karena baru kali ini Pj. Gubernur dan Kapolda Sulsel hadir. Ini adalah hal yang patut kita syukuri yang menandakan bahwa sebagai putra daerah dapat kembali ke kampung halaman. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa Kapolda merupakan bagian dari kita semua.

Hari Jadi Soppeng yang saat ini berusia 763 Tahun, awalnya dimulai pada saat mengangkat nama pemimpin Datu Soppeng yang tadi telah kita dengarkan sejarahnya. Moment keberadaan kita disini tentu sangat bermanfaat bagi kami sama halnya saat terjadi krisis yang dulu terjadi di Soppeng pada saat pengangkatan Latemmamala sebagai pemimpin. Dan saat ini ada kemiripan sejarah yang berulang yaitu para pemimpin dari provinsi berkumpul disini disaat kita semua berusaha untuk keluar dari krisis pertumbuhan ekonomi yang hampir semua anjlok dan kemiskinan meningkatkan tapi Alhamdulillah dengan kerja sama dan dukungan dari pemimpin-pemimpin kita dari tingkat atas alhamdulillah dari segi kamtibmas Soppeng dapat dikatakan paling aman di Sulawesi Selatan.

Dan pada saat krisis pandemi Covid-19 semua daerah minus pertumbuhan ekonominya tapi alhamdulillah Kab. Soppeng masih bisa meningkat positif 2%. Hal ini tidak gampang kita raih tanpa adanya semangat yasisoppengngi. Begitupun pada saat kita mengalami krisis el nino walaupun berdasarkan data kita mengalami penurunan tapi masyarakat kita masih dapat mengatasi hal ini. Apalagi pada saat bulan Ramadhan kemarin dengan adanya kegiatan Ramadhan Fast kita dapat melihat perputaran uang yang beredar di Soppeng begitu banyak. Hal ini membuktikan bahwa tanpa kebersamaan tidak akan mungkin kita bisa menghadapi tantangan-tantangan ini.

Dengan rasa bangga dan bersyukur bahwa pameran yang kita lakukan pada hari ini adalah hal yang mungkin sudah terlupakan. Padahal hal ini sangatlah penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait capaian-capaian yang telah kita raih termasuk inovasi-inovasi yang dilakukan oleh masyarakat dan tidak kalah pentingnya pertukaran ekonomi sangat luar biasa karena tampil kreativitas dari seluruh Kecamatan. Semoga pameran ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kab. Soppeng.

Saya juga berharap kepada kita semua yang punya kelebihan harta untuk berinvestasi di daerah kita terutama di Desa Umpungen, Jolle dan di Kawasan Wisata Alam Lejja. Sejalan dengan hal tersebut, Gubernur Sulsel juga memberikan motivasi kepada kita semua agar lahan tidur dapat dihidupkan kembali dengan melakukan penanaman. Jadi jika ada masyarakat yang ingin menanam Sukun dan Nangka Madu, kami dapat menyiapkan bibitnya.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi, S.I.K., M.H. dalam sambutannya, Selaku pimpinan Polda Sulawesi Selatan saya mengucapkan selamat Hari Jadi Soppeng yang ke 763 bagi seluruh masyarakat umum dan semoga kedepan terus menunjukkan eksistensinya sebagai daerah hang maju di Sulawesi Selatan. Karena Kab. Soppeng memiliki widata dan kekayaan alam yang luar biasa serta memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh Kabupaten lain. Sehingga kita semua berkewajiban untuk memelihara, melestarikan dan mengelolanya sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Dengan diangkatnya Tema pada Hari Jadi Soppeng ini yaitu penguatan ekonomi rakyat menuju soppeng lebih sejahtera tentu merupakan tantangan untuk kita semua di tengah dinamika yang terus berkembang dan membutuhkan dukungan
Soppeng. (***)