Sulselinfocom| Soppeng — Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI)  Cabang Soppeng Menggelar kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Perubahan Iklim, Ketahanan Pangan, Inflasi dan Stunting, bertempat diHark Cafe & Eatery Malaka, Sabtu, 15 April 2023.

Bupati Soppeng, H. Andi Kaswadi Razak, SE dalam arahannya, menyampaikan masalah iklim perlu menjadi perhatian khususnya pemerintah agar masyarakat tidak kekurangan air dalam bercocok tanam, sehingga ketersediaan air harus betul-betul selalu tercukupi.

Namun disisi lain menurut Bupati Soppeng, ada beberapa hal yang mungkin menjadi hambatan kita diantaranya bencana banjir serta faktor infrastruktur lainnya.

Lanjut Bupati Soppeng, kita sadari bahwa ada beberapa hal yang mungkin masyarakat awam tidak tahu, contohnya pada saat terjadi bencana alam di Tinco dimana itu sebenarnya bukan kewenangan Kabupaten tapi pusat. Walaupun demikian kita akan tetap berusaha memenuhi semua persoalan yang dialami oleh Masyarakat, ungkap Andi Kaswadi

Dalam hal masalah pangan, ada kekhawatiran yang kami rasakan salah satu contohnya pada saat terjadi bencana pasti kita membutuhkan persediaan stok pangan. Sehingga ini perlu menjadi perhatian kita semua apalagi dengan fenomena alam saat ini

Bupati Soppeng menekankan apa yang kita lakukan selama ini tidak sesederhana yang dibayangkan apalagi saat ini kita diperhadapkan dengan berbagai masalah diantaranya masalah stunting dan inflasi yang dapat menguras tenaga maupun fikiran kita semua yang bahkan saat ini belum stabil.

Namun untuk Kabupaten Soppeng sendiri, Alhamdulillah kita masih berada dalam kondisi stabil, terang Andi Kaswadi Razak

Bupati Soppeng mengajak agar semua dapat menjadi motor penggerak di tengah masyarakat dalam hal menjaga stabilitas ekonomi.

Oleh karena itu, jangan sekali-kali mengosongkan stok pangan karena kedepan kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Jadi kita harus tetap waspada, imbuh Bupati Soppeng.

Bupati Soppeng berharap agar dalam menjalankan pemerintahan desa ada kerja sama antara Kepala Desa dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) agar turut memberikan peran kepada masyarakat dalam menjalankan sebuah program, pungkas Andi Kaswadi Razak

Hadir dalam kegiatan, para Kepala SKPD terkait, Ketua Apdesi Cabang Soppeng, para Kepala Desa se Kab. Soppeng, Ketua BPD se Kab Soppeng, para tokoh masyarakat. ***